Kamis, 25 Februari 2010

Excel 2007 – Menghitung Sel Kosong dalam Tabel


tips14
Kosong atau tidak Memang bukan hal wajar untuk mengetahui sel tertentu kosong atau tidak, tetapi hal itu bisa dilakukan.

Tidak semua sel harus berisi nilai. ­Namun, terkadang Anda pun diharuskan menghitung jumlah sel yang kosong.

TipS: Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan mudah. Di sini, kita bisa menggunakan fungsi ISBLANK. ISBLANK adalah salah satu fungsi yang memberikan informasi tentang suatu sel, worksheet, atau workbook. Dalam hal ini, fungsi ISBLANK adalah memeriksa apakah sel tertentu kosong atau tidak. Jika sel tersebut kosong, fungsi ini akan memberikan nilai TRUE. Jika suatu saat sel tersebut diisikan data, fungsinya akan memberikan nilai FALSE. Format penulisan ISBLANK adalah “= ISBLANK ( Value )”. Parameter “Value” menentukan alamat sel yang akan diperiksa.

Mari kita coba membuat contohnya. Pada sel A1, kita beri sembarang nilai atau teks, misalnya “chip”. Kemudian, pilih sel B1 sebagai tempat menampilkan data. Klik tab “Formula”, pilih “More Functions”, lalu pilih “Information” untuk menampilkan menu drop down. Klik “ISBLANK” pada menu pilihan. Pada kolom isian penunjuk sel, masukkan nilai “A1”. Klik tombol “OK” untuk menyudahi. Pada sel B1 akan muncul nilai “FALSE” sebab sel A1 tidak kosong. Jika Anda mencoba untuk menghapus A1, sel B1 akan menampilkan nilai “TRUE”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar