Kamis, 25 Februari 2010

Windows Vista – Melepas USB Flash Disk Dengan Aman Melalui Shortcut

tips6

Mencabut Melalui shortcut yang telah dibuat, Anda tidak perlu repot untuk mencabut USB flash disk yang tercolok di PC.

Untuk melepaskan USB flash disk dari PC, Anda disarankan mengikuti prosedur yang ada, yaitu melewati beberapa tahapan dengan menekan icon Safely Remove Hardware yang terletak di System Tray. Jika tahapan tersebut dirasa merepotkan, ada cara yang lebih mudah, yaitu melalui sebuah shortcut di desktop.Bagaimana cara membuatnya?

Tips Membuat sebuah shortcut yang berfungsi untuk melepaskan USB flash disk caranya sangat mudah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menem­patkan sebuah aplikasi sederhana yang bernama USB Disk Ejector (USB_Disk_Eject.exe) ke sebuah direktori. Sebagai contoh, CHIP meletakkan aplikasi tersebut ke dalam direktori C:\CHIP\USB_Disk_Eject.exe. Aplikasi USB Disk Ejector dapat Anda download melalui website http://quick.mixnmojo.com/usb-disk-ejector atau ditemukan di dalam CHIP DVD edisi 01/2010 pada folder Tips dan Trik.

Selanjutnya, klik kanan mouse di desktop lalu pilih menu konteks “New | Shorcut”. Vista akan menampilkan window Create Shortcut. Di window tersebut, tepatnya di kolom “Type the location of the item” Anda dapat mengklik tombol “Browse” lalu arahkan pencarian file USB_Disk_Eject.exe sehingga di kolom tersebut tertulis “C:\CHIP\USB_Disk_Eject.exe”. Setelah itu, di belakang baris tersebut Anda dapat mengetikkan /REMOVELETTER “X”. Simbol “X” merupakan lokasi drive dari USB flash disk yang Anda miliki. Sebagai contoh, CHIP mengetikkan /REMOVELETTER F. Karena USB flash disk yang CHIP miliki lokasinya ada di drive F.

Langkah selanjutnya, tekan tombol “Next” dan beri nama shortcut yang telah dibuat dengan mengetikkan ‘Eject Flash Drive’ di kolom “Type a name for this shortcut”. Terakhir, klik tombol “Finish”. Kini dengan mengklik ganda shortcut Eject Flash Drive yang ada di desktop, Anda sudah bisa melepaskan USB Flash Drive dengan lebih cepat dan aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar