Kamis, 25 Februari 2010

Windows Vista – Menambahkan Submenu Baru di Bawah Menu Send To

tips6

Sub menu baru Anda dapat dengan mudah menambahkan submenu baru di bawah menu "Send To".

Di Vista, Anda dapat dengan mudah mengatur ulang sub-menu konteks dari “Send To”. Dengan begitu, menu konteks turunannya akan terlihat bervariasi. Misalnya, saat Anda mengklik kanan sebuah dokumen lalu memilih menu “Send To”, Anda dapat menyimpan dokumen tersebut ke media penyimpanan USB flash disk.
Tips Menambahkan atau mengatur ulang submenu konteks dari menu “Send To” caranya sangat mudah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah meng­akses folder SendTo dengan bantuan “Windows Vista’s Shell: command”. Caranya, klik menu “Start” lalu ketikkan ’shell:sendto’ di dalam kolom Start Search dan klik folder “shell:sendto” yang ditampilkan oleh Vista.
Selanjutnya, Vista akan menampilkan layar Windows Explorer yang membawa Anda masuk ke folder SendTo. Kini arahkan pandangan Anda pada layar Windows Explorer bagian kanan. Di sanalah, Anda dapat menambahkan submenu konteks dari menu “Send To”.

Sebagai contoh, CHIP ingin menambahkan submenu USB flash disk yang terletak di drive F:\. Untuk membuatnya, klik kanan mouse di area sebelah kanan Windows Explorer lalu pilih menu “New | Shortcut”. Selanjutnya, Vis­ta akan menampilkan window Create Shortcut. Melalui window tersebut, klik tombol Browse dan arahkan ke lokasi USB flash disk berada. Dalam tips kali ini, USB flash disk yang CHIP gunakan berada di drive F:\. Langkah berikutnya, klik tombol “Next” lalu beri nama shortcut yang telah dibuat, misalnya USB (F). Terakhir, tutup window Create Shortcut dengan mengklik tombol “Finish”. Kini, saat Anda meng­klik­ kanan sebuah dokumen lalu memilih menu konteks “Send To”. Anda akan menemukan submenu baru, yaitu USB (F).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar