Kamis, 25 Februari 2010

Windows Vista – Menonaktifkan Preview di Taskbar

Windows Vista memiliki kelebihan dalam tampilan grafisnya. Banyak hal-hal baru yang tidak ditemukan dalam Windows XP. Salah satunya adalah preview untuk aplikasi yang terbuka di taskbar.

Image

1. Preview: Bisa dinonaktifkan sementara jika Anda tidak membutuhkannya.

Tips: Saat Anda mendekatkan atau menempelkan kursor mouse ke tombol-tombol aplikasi yang sedang terbuka di taskbar, Windows akan menampilkan preview kecil untuk aplikasi yang sedang terbuka tersebut di taskbar. Dengan feature ini, pengguna Vista bisa melihat secara sekilas tampilan dari aplikasi-aplikasi yang ada di taskbar tanpa harus membukanya (memaksimalkan) terlebih dahulu. Fungsi ini memang menarik. Namun, beberapa pengguna yang lebih menyukai tampilan klasik ingin fungsi ini dinonaktifkan. Lalu, bagaimana menonaktifkan proview mini untuk aplikasi-aplikasi di taskbar?

Untuk menonaktifkan fungsi preview ini, Anda harus membuka “Properties” dari taskbar. Oleh karena itu, klik kanan taskbar, pilih “Properties”. Saat Anda berada di window “taskbar and Start Menu Properties”, Anda klik tab “Taskbar”. Lihat option-option yang ada dalam “taskbar Appearance”. Nonaktifkan option “Show window previews (thumbnail)” dengan menghilangkan checkmark-nya. Setelah itu, klik “Apply” dan “OK”. Kini, Anda bisa melihat hasilnya tanpa harus me-restart PC, dengan cara mendekatkan kursor mouse ke tombol aplikasi-aplikasi di taskbar. Anda tidak akan menemukan preview mini lagi di desktop Windows Vista.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar