Kamis, 25 Februari 2010

Windows XP: Membuat Profile Default untuk User Account Baru

Saat Anda membuat sebuah account baru di Windows XP, sistem akan memberikan profile default untuk Anda setelah Anda mengaktifkan account tersebut dari window Logon. Namun, banyak pengguna Windows yang tidak cocok de­ngan profile default tersebut. Bagaimana membuat profile default sendiri? Ikuti tipsnya berikut ini. Tips Untuk membuat profile default yang sesuai keinginan Anda, caranya cukup mudah. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah login sebagai administrator. Untuk trik ini, CHIP menggunakan user account bernama “CHIP”. Setelah itu, melalui “User Account” di Control Panel, Anda buat satu user account baru, misalnya “CHIP2”. Apabila Anda telah membuat satu user account baru, lakukan “Log Off” PC untuk masuk ke window Logon. Masuklah ke dalam user account yang baru Anda buat tadi. Windows akan memasukkan setting de­fault sesuai profile default yang dinilikinya. Biasanya, tampilan Windows akan bergaya “Luna”.

Dalam user account ini, Anda setting Windows sesuai keinginan Anda. Anda bisa mengubah tampilannnya menjadi bergaya klasik atau mengubah susunan icon dalam desktop. Anda juga bisa mematikan beberapa option yang dapat membuat kinerja Windows tidak maksimal. Setelah semua setting selesai Anda lakukan, ”Log Off” user account yang kedua ini.
Langkah berikutnya, Anda masuk kembali ke dalam user account yang berlaku sebagai administrator. Copy profile kedua (CHIP2) ke dalam profile default. Caranya, klik kanan “My Computer” yang ada di desktop. Pilih “Properties” dan klik “Setting” pada bagian “Advanced | User Profiles”. Klik user account kedua (CHIP2) dan tekan tombol “Copy to”. Melalui tombol “Browse”, copy-kan profile tersebut ke dalam folder “C:\Documents and Settings\default user”. Klik “OK”. Sampai sini berarti Anda telah membuat profile de­fault sesuai keinginan Anda.

Untuk menguji apakah profile default ini bekerja atau tidak, Anda cukup membuat user acoount baru lagi. Log Off dan masuklah ke dalam user account yang barusan Anda buat. Profile ini akan digu­nakan untuk user account baru lainnya yang Anda buat.

Image

Profile default – Bisa dibuat sesuai keinginan Anda. Anda cukup membuat user account baru lalu mengatur setting di dalamnya.

1 komentar:

  1. maw tanya nich.,klo habis ganti user trus user profile lama dihapus gpp ta?

    BalasHapus