Rabu, 24 Februari 2010

Windows XP – Menempatkan Folder ke dalam Lingkungan Start Menu

tips3

Menempatkan Melalui menu “Pin to Start menu”, Anda dapat menempatkan sebuah folder ke dalam lingkungan Start menu.

Untuk menempatkan sebuah shortcut aplikasi ke dalam lingkungan menu Start caranya sangat mudah. Klik kanan icon shortcut aplikasi yang diinginkan (file *.EXE) lalu pilih menu “Pin to Start menu”. Bagaimana jika Anda juga ingin menempatkan sebuah folder ke dalam menu Start? Yang harus Anda lakukan adalah sedikit memanipulasi system registry yang ada di Windows.

Tips Untuk melakukan tips ini, pertama-tama Anda dapat mengakses registry editor dengan cara klik tombol “Start” lalu pilih “Run” dan ketikkan ‘regedit’. Selanjutnya, Anda akan diajak masuk ke dalam Registry Editor. Di sana, Anda dapat meng­akses folder HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shellex\ContextMenuHandlers.

Selanjutnya, buat sebuah sub-key baru dan beri nama {a2a9545d-a0c2-42b4-9708-a0b2badd77c8}. Untuk membuatnya, klik kanan key “ContextMenuHandlers” dan pilih menu konteks “New | Key”. Selesai membuat sub-key baru, tutup window system registry yang ditampilkan. Kini komputer yang Anda gunakan telah siap untuk menempatkan sebuah folder ke dalam menu Start. Untuk menempatkannya, tekan tombol [SHIFT] bersamaan dengan klik kanan folder yang diinginkan lalu pilih menu konteks “Pin to Start menu”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar