Kamis, 25 Februari 2010

Windows XP – Mengaktifkan dan Menggunakan Mode Hibernate

tips5

Hibernasi Aktifkan pilihan Hibernate untuk menghemat listrik saat PC ingin diistirahatkan.

Dibandingkan mode standby, mode hibernasi merupakan feature yang sangat baik untuk mengistirahatkan PC. Melalui mode hibernasi, semua program atau file yang sedang Anda buka akan disimpan ke dalam hard disk bukan RAM (memori). Keuntungan lainnya, komputer tetap bisa dimatikan dan tidak akan memakan konsumsi listrik. Secara default, mode hibernasi tidak diaktifkan oleh Windows XP. Untuk mengaktifkan dan menggunakannya, Anda dapat mengikuti tips berikut ini.
Tips Pertama-tama, Anda perlu mengakses window Control Panel dengan menekan tombol “Start” dan pilih menu “Control Panel”. Selanjutnya, melalui window Control Panel yang ditampilkan, Anda dapat mengklik icon Power Options. Windows XP selanjutnya akan menampilkan window baru yang bernama Power Options Properties.

Langkah berikutnya, melalui window Power Options Properties, Anda dapat mengklik tab “Hibernate” dan arahkan mouse ke boks “Enable hibernation” lalu beri tanda centang boks tersebut. Terakhir, tutup window Power Options Properties dengan menekan tombol “Apply” dan lanjutkan dengan menekan tombol “OK”. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengklik tombol “Start | Turn Off Computer”. Pada saat menu pop-up “Turn Off Computer” ditampilkan, Anda dapat menekan tombol [SHIFT] dan secara otomatis mode standby akan berubah fungsi menjadi mode hibernate. Mode pengistirahatan PC seperti ini akan benar-benar berguna bagi Anda yang memiliki notebook karena bisa menghemat penggunaan baterai yang terpasang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar