Kamis, 25 Februari 2010

Windows XP – Mengubah Warna Latar Belakang Sebuah Direktori Folder

tips2

Di Windows 98 Anda dapat menemukan sebuah utiliti yang diberi nama Customize Folder Wizard. Utiliti tersebut berguna untuk mengubah warna latar belakang dari sebuah direktori folder yang ada di Windows Explorer. Anda pun dapat memanfaatkan utiliti tersebut di Windows XP.

Tips: Pertama-tama Anda perlu meng­ekstrak file ieshwiz.zip dan meletakkan file eksekusinya (ieshwiz.exe) ke dalam folder C:\Windows\System32. File ieshwiz.zip dapat Anda temukan dalam CHIP CD/DVD. Selanjutnya, akses window Command Prompt melalui “Start | Programs | Accessories | Command Prompt” dan ketikkan ‘IESHWIZ’ .

Sebagai contoh, Anda ingin mengubah warna latar belakang direktori folder D:\Foto, yang perlu Anda ketikkan di window Command Prompt adalah ‘IESHWIZ D:\Foto’. Selanjutnya, Windows XP akan menampilkan utiliti Customize Folder Wizard. Disana Anda dapat memilih radio button “Choose a background picture” dan klik tombol “Next”. Pada layar berikutnya, Anda diminta untuk memilih gambar sebagai latar belakang yang dinginkan. Setelah memilih gambar latar belakang, Anda diminta kembali menekan tombol “Next”. Terakhir, utiliti Customize Folder Wizard akan menginformasikan bahwa Anda te­lah­ sukses mengubah warna latar belakang direktori folder D:\Foto. Selanjutnya, tutup utiliti Customize Folder Wizard dengan menekan tombol “Finish” dan restart PC yang Anda gunakan.

eko.lannueardy@CHIP.co.id

1 komentar: