Minggu, 28 Februari 2010

WORD 2007 – Menjaga Perbedaan Formatting pada Dokumen


tips13
Tidak diserap Kontrol ini menghalangi perubahan lokal terserap ke dalam style dokumen.

Ketika salah satu bagian teks dokumen disorot lalu diganti font dan margin-nya, tiba-tiba efeknya mengenai seluruh dokumen. Sungguh merepotkan!
TIPs Hal ini terjadi karena adanya perubahan format dokumen secara eksplisit yang diserap menjadi perubahan implisit. Apakah yang dimaksud dengan perubahan format dokumen secara eksplisit dan implisit? Secara singkat, perubahan implisit adalah kondisi format pada dokumen secara global yang dikendalikan lewat “style”. Sementara itu, perubahan yang bersifat eksplisit biasanya dilakukan di bagian tertentu pada dokumen lewat menu atau toolbar Formatting yang ada di dalam aplikasi Word 2007.

Formatting secara implisit selalu digunakan sejak menulis dokumen dan tidak bisa dihapus. Kalaupun Anda mengubah tampilan beberapa bagian dokumen de­ngan­ format tertentu (secara eksplisit), hal tersebut tidak mengubah atau meng­hapus perubahan implisit pada style dokumen tersebut. Namun, hanya menjadi lapisan format tambahan. Word 2007 memiliki kemampuan untuk menyerap perubahan eksplisit ini menjadi bagian dari style dokumen tersebut.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat melakukan tips berikut ini. Pertama-tama, tampilkan tab “Home” pada menu pita Word 2007 kemudian klik icon panah kecil di bagian kanan bawah grup “Styles” untuk menampilkan task pane-nya. Tempatkan kursor di atas style yang ingin Anda ubah dan sebuah menu drop-down akan muncul. Klik tanda panah drop-down lalu pilih “Modify” untuk memunculkan dialog box-nya. Sekarang, hapus tanda cek pada pilihan “Automatically update”. Setelah selesai, klik “OK”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar