Minggu, 15 Agustus 2010

Menjadikan PC Kembali Bugar (Bag. 4)


Tuning4
Menata ulang hard disk JkDefrag dapat ditugaskan untuk secara otomatis men-defrag hard disk secara mandiri.
tuning5
Nonaktifkan layanan Melalui window Service, Anda dapat menonaktifkan layanan yang tidak diinginkan.


Agar Sistem Anda Bersih Selamanya


Agar PC Anda tidak bertambah lagi bobotnya sehingga lambat dalam menyelesaikan beberapa tugas, ada cara terbaik untuk menjaga Windows tetap fit.


MENGUNCI WINDOWS
Dengan program Microsoft Windows SteadyState (www.microsoft.com), Anda dapat mengen­dalikan semua account pengguna yang ada di dalam satu PC. Anda dapat menentukan secara detail, siapa yang boleh mengakses apa. Status aktual sis­tem juga dapat dilihat dengan meng-klik “Protect the Harddisk”. Melalui setting seperti ini, Windows akan menghapus semua perubahan yang telah dilakukan pengguna dalam sesi yang bersangkutan saat shutdown. Ini tidak hanya menjaga Windows tetap bersih, tetapi juga melindungi dari malware.
tuning6


MEMBUAT SISTEM image
Bila telah selesai dengan aksi bersih-bersih, backup-lah Windows tersebut berikut semua aplikasi dan konfigurasinya. Jika diperlukan, Anda dapat dengan mudah kembali ke Windows yang sudah bersih. Untuk melakukan hal itu, gunakan paket gratis Clonezilla yang tersedia di dalam sistem Clonezilla Live.


Untuk menjalankan program ini, booting PC dengan DVD lalu pilih “Boot CloneZilla CloneZilla Live (Default-Settings)”. Selanjutnya, pilih “Start CloneZilla Device Image”. Tetapkan folder tujuan dan klik menu berikutnya. Untuk mem-backup sistem, pilih “savedisk” .


Awas: Jangan menyimpan file image di partisi sistem. Gunakan partisi lain, drive jaringan, atau USB flash disk. Selanjutnya, tentukan tingkat kompresi dan konfirmasikan pilihan Anda. Untuk me-restore file image setelah sistem crash, booting dari Live CD dan pilih “restoredisk”.


tuning7



Tidak ada komentar:

Posting Komentar