Minggu, 02 Mei 2010

Word 2007 – Bertindak Tepat Ketika Link Harus Di-update

Sebuah dokumen bisa memiliki banyak link ke sumber eksternal. Namun, tidak semuanya harus ter-update secara otomatis. Bagaimana caranya?

Tips Di Word, Anda dapat menyisipkan objek-objek lain ke dalam dokumen, misalnya file suara atau gambar, animasi, tabel yang dibuat dengan Excel, dan sebagainya. Anda juga bisa mengatur ketika objek-objek tersebut diubah, hasilnya pun akan turut dirasakan pada dokumen yang mengikutnya.

Biasanya, Word secara otomatis melakukan update terhadap sejumlah link yang ada ketika dokumen tersebut dibuka. Ternyata, proses ini membebani dokumen. Contohnya, ketika dokumen berisi banyak link ke objek-objek eksternal dan semua objek berada di network yang lambat, dibutuhkan waktu yang lama untuk membuka dokumen tersebut. Solusinya, nonaktifkan fungsi update otomatis.

Ketika objeknya perlu di-update, Anda dapat melakukan secara manual atau mengembalikan fungsi update otomatisnya. Untuk mengatur fungsi ini, klik tombol “Office” di pojok kiri atas lalu klik tombol “Word Options”. Di panel sebelah kiri, klik baris “Advanced”. Di panel sebelah kanan, lihat bagian “General”. Di sini, tentukan entri “Update automatic links at open” sesuai keinginan Anda lewat kotak pilihannya. Setelah selesai, tutup window yang ditampilkan dengan mengklik tombol “OK”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar