Senin, 28 Juni 2010

Windows XP – Defragmentasi Sebuah Drive Melalui Menu Konteks

Untuk mengatur ulang sebuah drive di hard disk, Anda dapat menjalankan proses defragmentasi. Jika proses ini tidak pernah Anda lakukan, komputer yang Anda gunakan akan bekerja sangat lambat. Sebuah drive dikatakan terfragmentasi mana kala ada sejumlah file yang tidak menempati ruangan yang sebenarnya di dalam hard disk. Di Windows XP, untuk memanggil tools yang berfungsi mendefragmentasi hard disk dapat diakses melalui menu “Start | All Programs | Accessories | System Tools | Disk Defragmenter”. Ada solusi yang lebih mudah, yaitu menjalankannya secara otomatis dalam format command line melalui menu konteks.

Tips Untuk menempatkan tools Disk Defragmenter (Defrag.EXE) ke dalam menu konteks sebuah drive, terlebih dahulu Anda harus membuat sebuah script pendek. Script yang dapat Anda buat adalah sebagai berikut
; context_defrag.INF
; Adds Defrag to the right click context menu in Windows XP
[version]
signature=”$CHICAGO$”
[DefaultInstall]
AddReg=AddMe
[AddMe]

HKCR,”Drive\Shell\Defrag\command”,,,”DEFRAG.EXE %1”
Ketikkan script di atas ke dalam aplikasi teks editor, seperti Notepad dan simpan dengan nama file context_defrag.INF. Selanjutnya, install file context_defrag.INF tersebut. Caranya, klik kanan file tersebut lalu pilih menu “Install”. Kini masuk ke window My Computer dan klik kanan salah satu drive yang ada, contohnya (C:). Di sana, Anda akan menemukan menu “Defrag” yang terdapat di dalam menu konteks drive tersebut. Jika Anda klik menu “Defrag”, proses defragmentasi hard disk akan dijalankan secara langsung dalam format command line.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar