Kamis, 29 April 2010

Windows 7 – Dengan Mudah Ambil Alih Kepemilikan Folder

Anda menggunakan komputer secara bersama-sama dan di sana sering ditemukan folder buatan orang lain yang tidak lagi terpakai. Bagaimana cara menghapusnya?


TipS
Folder yang mendapat proteksi dari pengguna komputer tertentu memang sering membuat repot. Apalagi ketika sudah tidak lagi diperlukan dan harus dihapus secara langsung oleh pemiliknya. Hal ini sering terjadi pada komputer yang digunakan secara bersama-sama. Untuk mengambilalih kepemilikan folder tersebut, Anda perlu melakukan usaha yang terbilang tidak mudah. Sejumlah langkah modifikasi atau tweaking di dalam sistem perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Namun, jika langkah tersebut menjadi beban bagi Anda, solusi yang paling praktis dan cepat adalah menggunakan script di bawah ini. Anda dapat mengetikkan script tersebut ke dalam Notepad dan simpan dengan nama take_ownership.reg.

Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_CLASSES_ROOT\*\shell\runas]
@=”Take Ownership”
“NoWorkingDirectory”=””
[HKEY_CLASSES_ROOT\*\shell\runas\command]
@=”cmd.exe /c takeown /f \”%1\” && icacls \”%1\” /grant administrators:F”
“IsolatedCommand”=”cmd.exe /c takeown /f \”%1\” && icacls \”%1\” /grant administrators:F”
[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\runas]
@=”Take Ownership”
“NoWorkingDirectory”=””
[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\runas\command]
@=”cmd.exe /c takeown /f \”%1\” /r /d y && icacls \”%1\” /grant administrators:F /t”
“IsolatedCommand”=”cmd.exe /c takeown /f \”%1\” /r /d y && icacls \”%1\” /grant administrators:F /t”

Setelah selesai mengetik dan menyimpan file script tersebut, Anda dapat mengintegrasikannya dengan System Registry di Windows. Untuk itu, klik ganda file tersebut lalu pilih menu “Merge”. Sekarang, klik kanan mouse pada folder yang hendak Anda ambil alih kepemilikannya dan pilih menu “Take Ownership”. JikaWindows 7 menampilkan menu pop-up User Account Control (UAC), pastikan saja Anda menyetujui tindakan yang akan dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar