Kamis, 29 April 2010

Windows 7 – Hemat Tempat dengan Menonaktifkan Fungsi Hibernate

Fungsi Hibernate tidak pernah digunakan, tetapi file sistemnya menghabiskan tempat. Bisakah hal ini ditanggulangi?

TipS Fungsi Hibernate di Windows akan menyimpan semua sesi aplikasi yang sedang berjalan sebelum komputer dimatikan. Keuntungannya, saat komputer kembali dihidupkan, Anda dapat melihat langsung semua aplikasi tersebut dan melanjutkan semua aktivitas yang tertunda.

Fungsi Hibernate ini akan menyimpan setiap sesi yang dijalankan oleh sistem ke dalam sebuah file. Ukuran file-nya sering kali besar, tergantung besarnya setiap sesi yang disimpan. File untuk menyimpan seluruh sesi dinamakan hiberfil.sys. Letaknya di boot drive dan memiliki ukuran antara 1 hingga 2 GB.

Jika fungsi Hibernate tidak pernah digunakan, Anda dapat menonaktifkannya. Caranya, klik tombol “Orb” atau tombol “Start” pada Windows. Kemudian, pilih menu “All Programs” dan buka “Accessories”. Selanjutnya, klik kanan pada entri “Command Prompt” dan pilih “Run as administrator”. Ketika window pop-up UAC muncul, setujui saja dengan memilih “Yes”. Setelah itu, window command prompt akan muncul. Di sana, ketik perin tah ‘powercfg.exe -h off’ (tanpa tanda kutip) lalu tekan [ENTER]. Setelah selesai, Anda dapat me-restart Windows yang di gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar