Minggu, 11 Juli 2010

Excel 2007 – Sortir Data pada Lembar Kerja yang Terproteksi


Tips_15
Sortir data Beri centang pada baris “Short” sehingga pengguna lain dapat menyortir data pada worksheet yang terkunci

Lembar kerja yang terproteksi memang tidak bisa diubah. Namun, bisakah Anda melakukan proses lainnya, seperti menyor tir data?

Tips Ketika sebuah dokumen Microsoft Excel diproteksi, hal tersebut bertujuan untuk mencegah orang-orang yang tidak berkepentingan mengakses lalu mengubah sejumlah data penting yang ada di dalamnya, tidak terkecuali melakukan proses sortir data. Jika terjadi situasi darurat dan memaksa orang lain harus menyortir sejumlah data yang terdapat di dalam dokumen Microsoft Excel yang terproteksi, hal tersebut ternyata masih dapat dilakukan. Caranya pun semakin mudah jika Anda menggunakan Microsoft Excel versi terbaru.

Microsoft Excel dapat dikonfigurasi untuk menentukan fungsi-fungsi apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh orang lain pada worksheet atau lembar kerja yang diproteksi. Caranya, bukalah tab “Review” pada menu utama Microsoft Excel. Kemudian, klik tombol “Protect Sheet”. Setelah window pengaturannya muncul, Anda bisa mencari baris “Sort” dari menu pilihannya.

Jika Anda menandai baris pilihan tersebut, berarti pengguna lain masih dapat melakukan penyortiran data jika worksheet tersebut diberi proteksi. Untuk mengaktifkan proteksi standar, Anda dapat meng-klik tombol “OK”. Untuk proteksi yang lebih kuat, masukkan password pada baris “Password to unprotect sheet”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar