Minggu, 11 Juli 2010

Word 2007 – Mengurutkan Tabbed Data dalam Tabel


Tips_12
Periksa Pastikan bahwa radio button Tabs telah dipilih sebelum Anda mengakhiri semua langkah yang dijalankan.

Tidak seperti Excel, penyortiran data tabel dalam dokumen Word lebih sulit dilakukan. Apalagi dengan tabbed data. Apa benar demikian?

Tips Tidak hanya untuk mengolah teks, aplikasi Microsoft Word pun sangat baik dalam mengolah tabel. Tabel berbentuk apapun dapat dibuat dengan mudah, termasuk melakukan sortir semua data yang ada di dalamnya. Namun, jika berhadapan dengan tabel yang isinya mengandung tab di antara kolomnya, Anda perlu melakukan beberapa perubahan agar dapat menyortir datanya dengan nyaman.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyeleksi (select all) seluruh tabel yang sedang Anda kerjakan. Langkah selanjutnya, bukalah tab “Home” dari menu utama Microsoft Word lalu klik tool “Sort“ yang berada di dalam himpunan group “Paragraph“. Microsoft Word akan menampilkan sebuah window penyortiran data. Melalui window tersebut, tepatnya pada menu drop-down “Sort by“, Anda dapat menentukan kolom mana yang hendak diurutkan.

Selanjutnya, klik tombol “Options” untuk menampilkan window Sort Options dan di window tersebut, pastikan entri “Tabs“ sudah terpilih. Langkah terakhir, klik tombol “OK“ beberapa kali untuk menyelesaikan pekerjaan ini dan kembali ke tampilan dokumen. Sekarang, tabel Anda sudah disortir sesuai field yang Anda tentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar