Minggu, 11 Juli 2010

Windows 7 Media Center – Buka File ISO

Tips_18

Koleksi Digital Dengan bantuan sebuah add-on, Anda dapat dengan mudah mengatur koleksi file hasil rip DVD Anda ke dalam Windows Media Center. Dengan feature ini, Anda tidak perlu lagi menggonta-ganti disc untuk menikmati konten DVD Anda.

Anda mengoleksi film-film hasil rip DVD dalam bentuk ISO? Apakah Anda ingin memasang file tersebut di Windows Media Center? Berikut ini tips mengonfigurasi Windows Media Center guna memutar file ISO langsung dari Movie Library-nya

Tips Zaman sekarang, proses ripping DVD ke dalam file ISO sudah umum dilakukan. Biasanya, ini diterapkan untuk mem-backup DVD asli pengguna. DVD kemudian dapat disimpan, dan bila kita ingin memutar film tersebut, kita tinggal memutar file ISO-nya saja. Di Windows 7, terdapat program Windows Media Center yang berfungsi sebagai pusat hiburan dalam sistem komputer Anda. Berikut ini CHIP akan menunjukan cara memutar file ISO pada Windows Media Center. Pertama, download dan install Virtual Clone Drive (http://www.slysoft.com/en/virtual-clonedrive.html). Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan mounting file ISO sehingga dapat terlihat sebagai sebuah drive CD/DVD.

Selanjutnya, download dan install Mikinho Mount Image (http://mikinho.com/wmc/mount-image). Mikinho ini merupakan sebuah add-on untuk Windows Media Center yang memungkinkan file image ISO di-mount secara otomatis pada Media Center. Add-on ini mudah untuk di-install dan tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit.

Langkah berikutnya, pastikan Anda telah menyalin file ISO ataupun folder ber isi file ISO yang akan Anda mainkan ke dalam Movie Library milik Media Center. Saat Anda siap menonton film dari ISO tersebut, buka Windows Media Center, pilih Movie Library, dan pilih ISO yang akan Anda tonton.

Saat Anda membuka file ISO bersangkutan, Anda akan disambut dengan pesan “Please wait while mounting disc image…”. Proses ini akan berlanjut selama beberapa detik. Proses ini dapat berjalan lebih lama bila sudah ada file ISO yang pernah di-mount sebelumnya. Setelah ISO di-mount, film akan dimainkan oleh Windows Media Center.

Setelah film selesai, Anda dapat menge luarkan ISO image (sebenarnya Anda hanya melakukan proses unmount dari virtual drive tadi) seperti halnya Anda me nge luarkan disk yang telah diputar dari DVD Drive. Hal ini tidak diwajibkan, tetapi dapat mempercepat proses load pada pemutaran ISO lainnya.

Kedua aplikasi ini (Virtual Clone Drive dan Mikinho Mount Image) bekerja di belakang layar dan menempatkan diri seolah-olah sebagai feature yang sudah built-in dalam Windows Media Center. Anda tidak perlu mengonfigurasi lebih lanjut. Anda hanya perlu meng-install dua program ini dan file ISO film hasil backup Anda sudah dapat langsung dimainkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar