Senin, 08 Maret 2010

EXCEL 2007 – Menempatkan Data Worksheet di Tengah Halaman Cetak

tips17
Tepat di tengah Hasil cetak worksheet akan lebih sempurna jika posisinya diatur di tengah.

Saat dicetak, tampilan tabel tidak terlihat sesuai dengan yang dikerjakan. Me­ngapa sering terjadi demikian?

Tips Jika Anda bekerja dengan worksheet yang tampilan informasinya relatif kecil, posisi tampilan data pada halaman yang tercetak sering berubah dari posisi yang semestinya. Hal ini disebabkan, aplikasi Excel secara defa­ult akan mencetak data di pojok kiri atas dari lembar kerja yang digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, aplikasi Excel dapat membantu Anda untuk me­nga­rahkan posisi data yang akan dicetak tepat di tengah lembar kerja, baik secara vertikal, horizontal, maupun kedua-duanya. Bagaimana cara mengaturnya? Pertama-tama, tampilkan tab “Page Layout” pada menu pita Excel.

Untuk menampilkan dialog box berikutnya, klik icon panah kecil yang berada di bagian kanan bawah group “Page Setup”. Setelah itu, Anda perlu memastikan tab “Margins” sudah terpilih. Di bagian “Center on page”, beri tanda cetang pada boks “Horizontally” jika Anda ingin datanya berada di te­ngah­ halaman secara horizontal. Beri tanda centang pada boks “Vertically” jika Anda ingin data berada di tengah­ halaman secara vertikal. Jika perlu, tandai kedua pilihan tersebut. Setelah selesai, klik tombol “OK”.

1 komentar:

  1. Hampir mirip kayak word ya? tapi yang ini agak rumit sie emang, makasih pak tipsnya. salam kenal.

    BalasHapus