Senin, 08 Maret 2010

Firefox 2.x, 3.x – Membuat Favicon Secara ­Otomatis

tips23
Icon unik Dengan add-on Firefox, “IdentFavIcon”, setiap website akan diberikan Favicon khusus.

Favicon atau icon kecil pada suatu website dapat membantu Anda mengingat website tersebut. Namun, bagaimana untuk website yang tidak memiliki Favicons bawaan? Anda dapat membuat Favicons sendiri untuk website-website seperti ini.

Tips Sebenarnya, Anda dapat membuat suatu icon sendiri untuk suatu website tanpa harus mengikuti Favicons dari website yang bersangkutan. Untuk itu, Anda membutuhkan suatu file image dan sebuah add-on di browser. Jika Anda tidak bisa memutuskan untuk memilih gambar yang sesuai, Anda dapat mengotomatisasi proses tersebut. Gunakan add-on Firefox bernama “IdentFavIcon” (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/7765). Add-on ini akan membuat suatu Favicons unik untuk setiap domain website berdasarkan alamat IP website tersebut.

Add-on ini tidak memiliki opsi konfigurasi terpisah. Ia akan menjalankan proses pembuatan Favicons secara otomatis saat Anda membuka suatu website yang tidak memiliki Favicons sendiri. Favicons yang telah dibuat otomatis ini kemudian akan tersimpan di file “bookmarks.html”. Add-on ini juga memiliki feature “Reload Page Favicon” pada menu konteks (klik kanan) yang berguna untuk mengupdate Favicons suatu website, bila website tersebut mengganti Favicons-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar