Sabtu, 27 Maret 2010

Word 2007 – Menyisipkan Lokasi File Dokumen

Di belantara server yang ada di kantor, paling susah menemukan kembali lokasi dokumen yang pernah dibuka. Adakah solusinya?

tips7
Alamat file Gunakan paramater FILENAME \p untuk menyisipkan alamat file pada dokumen Anda.

TIPS Windows atau pun Word memang memberikan fasilitas pencarian dokumen. Agar lebih praktis, sebaiknya Anda pun perlu menyisipkan informasi lokasi dokumen di dalam file dokumen. Dengan demikian, Anda bisa langsung mengingat lokasi file dan kolega Anda pun tidak kerepotan jika harus mencari file dokumen tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa membuat bagian footer pada dokumen untuk menampilkan nama file aslinya sekaligus path lokasi file tersebu.

Caranya, letakkan kursor pada posisi tertentu yang ingin Anda tampilkan informasi filenya. Kemudian, buka tab “Insert” dari menu pita Word lalu klik tools “Quick Parts” yang ada dalam group “Text”. Selanjutnya, pilih “Field | Document Information” dari daftar “Category”. Langkah berikutnya, pilihlah “FileName” dari daftar “Field names” lalu klik tombol “Field Codes” dan Word akan mengubah window pengaturannya. Kini klik “Options | Field Specific Switches” lalu pilihlah entri “\p”. Langkah terakhir, Anda dapat mengklik “Add to Field” lalu klik tombol “OK” untuk menutup window “Field Options”. Sekali lagi klik tombol “OK” untuk menutup window “Field”.

8 komentar:

  1. trims gan,tutornya sangat berguna..

    BalasHapus
  2. makasih boanyak.mantap

    BalasHapus
  3. Terima kasih, sangat membantu saya

    BalasHapus
  4. Terima kasih tutornya sangat membantu.. dripada bikin manual kenapa ngak yang otomatis.. lebih praktis dan menghemat waktu

    BalasHapus
  5. Terima kasih tutornya sangat membantu.. dripada bikin manual kenapa ngak yang otomatis.. lebih praktis dan menghemat waktu

    BalasHapus