Minggu, 15 Agustus 2010

Menjadikan PC Kembali Bugar (Bag. 1)

Anda ingin menjalankan aplikasi sederhana, tetapi Windows bekerja sangat lamban. Jika demikian, gunakan beberapa trik berikut ini untuk melepaskan Windows dari jeratan software yang menggangu, membersihkan sistem, dan membuatnya lebih bugar.

Proses booting dan menjalankan program di Windows memakan banyak waktu. Ketika baru di-ins­tall, Windows akan menunjukkan kinerja secara penuh. Namun, se­iring­ waktu, kinerja Windows semakin lamban. Solusi paling mudah, tanam lebih banyak RAM ke dalam PC.

Padahal dengan “terapi kebugaran”, Anda bisa mengembalikan kinerja Windows tanpa harus menambahkan hardware baru. CHIP akan menunjukkan strategi terbaik untuk membebaskan XP, Vista, dan Windows 7 dari program berukuran besar, membersihkan hard disk, menyingkirkan driver yang tidak diperlukan,

Mengganti software monster

Masalah yang sering timbul, PC harus berhadapan dengan software berukuran besar. Aplikasi semacam itu dipenuhi fungsi menarik yang terkadang tidak pernah digunakan dan hanya menghabiskan ruang di hard disk. Untuk itu, cari program-program berukuran besar dan ganti dengan aplikasi alternatif yang ramping. Contohnya, ganti aplikasi Nero Suite yang berukuran 1,5 GB dengan CDBurnerXP yang berukuran 11 MB.

Untuk menemukan program gemuk, bukalah “Control Panel | Add or Remove Programs” (XP) atau “Program | Uninstall Programs ” (Vista dan Windows 7). Di sana, Anda dapat melihat semua program yang terpasang dan menyortir berdasarkan ukuran.

Menyingkirkan folder kosong

Setelah menyingkirkan program-program yang menghabiskan sumber daya di PC, lakukan terapi kedua, yaitu menyingkirkan folder kosong yang ada di Windows. Untuk melakukan hal itu, gunakan aplikasi Empty Folder Nuker. Melalui aplikasi tersebut, lacak dan singkirkan folder kosong yang ada di hard disk. Jalankan aplikasi Empty Folder Nuker, klik “Browse” dan pilih drive atau folder yang akan diperiksa. Pada PC yang CHIP coba, lebih dari 500 folder kosong ditampilkan. Paling banyak adalah sisa program yang telah di-uninstall secara tidak sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar