Minggu, 15 Agustus 2010

USB Flash Drive sebagai Gembok PC (Bag. 1)

kunci1

One key to rule them all! Konfigurasikan sebuah USB FLASH DRIVE SEBAGAI KUNCI MASTER yang melindungi PC layaknya kunci pintu utama di rumah Anda.

Proteksi PC yang super aman bisa membuat stres penggu­nanya. Hal ini dikarenakan pengguna PC harus siap berhadapan de­ngan rangkaian password untuk masuk ke desktop Windows, file-file pribadi terproteksi, dan berbagai account website. Namun dengan pro­­gram yang tepat, Anda tidak harus mengingat semua password tersebut. Cukup dengan sebuah USB Flash Drive (UFD), selebihnya otomatis diselesaikan PC. Menariknya, UFD tersebut bisa melakukan sendiri encryption (enkripsi) dan decryption data sehingga metode pencurian data keylogger nyaris tidak mungkin. CHIP tunjukkan, bagaimana melakukan konfigurasi UFD Anda sebagai kunci master de­ngan software khusus (CHIP-CD/DVD ).

Kunci USB untuk sistem

Password Windows dimaksudkan untuk melindungi sistem dari akses tanpa izin. Masalahnya, di Internet tersedia banyak software gratis dan panduan bagi pemula untuk menjebol proteksi ini. Dengan software abylon LOGON, Anda bisa melindungi sistem dengan sepasang kunci, sehingga aman dari akses tanpa izin.

Instalasikan abylon LOGON dan konfirmasikan pertanyaan untuk membuat account dan meng-copy kunci-kuncinya ke UFD. Dengan mengklik “OK”, konfigurasi selesai. Begitu UFD dicabut, program akan mengunci desktop dan baru bisa diakses dengan kunci tersebut. Anda pun dapat memilih respons lainnya pada bagian “If your smartcard removed”, misalnya dengan opsi “PC-shutdown”.

Setelah restart pertama kali pada Windows-login tampak sebuah jendela abylon Logon dengan rangkaian angka yang panjang sebagai mekanisme pengamanan, kalau-kalau UFD hilang atau rusak. Catat lah angka-angka ini atau gunakan fungsi Copy&Paste untuk mencetaknya dengan sebuah program Office. Perhatikan untuk menjaganya dari pandangan orang lain.

Bila beberapa orang menggunakan sebuah PC bersama-sama, untuk setiap account, Anda dapat membuat sebuah UFD sendiri atau menyimpan semua kunci pada satu UFD. Untuk yang terakhir dibutuhkan sebuah password tambahan.

Kunci USB untuk hard disk

Logon memang mencegah akses tanpa izin ke sistem, tetapi tidak meng­en­kripsi hard disk, sehingga datanya masih bisa diakses dengan sebuah sistem Live-CD. Oleh karena itu, solusi jitu agar Logon aman adalah dengan drive terproteksi yang dibuat de­ngan TrueCrypt. Drive tersebut juga bisa dibu­ka otomatis meng­gunakan kunci USB yang telah dikonfigurasi dengan tepat.

Saat meng-install, pilih “Extract” dan UFD sebagai drive tujuan agar Anda pun dapat menggunakan TrueCrypt ketika bepergian (lebih lanjut baca boks di kanan). Untuk membuat drive terproteksi klik “Create Volume | Create an encrypted file container”. Selanjutnya, ikuti panduan wizard. Di bagian “Volume Location”, masukkan nama dan path ke container baru, misalnya “C:\Users\Username\Contain­er”.

Di “Encryption Options”, Anda bisa menggunakan settings standar (default). Setelah memasukkan ukuran container di bagian “Volume Size”, tentukan password (dua kali) dan aktifkan opsi “Use key File”. Kini sebuah kunci yang baru saja dibuat bisa Anda simpan pada UFD. Sebagai kuncinya, Anda bisa menggunakan jenis file apa saja, misalnya foto atau MP3. Agar lebih aman lagi, tambahkan sebuah password. Untuk dapat menggunakan container dalam window utama di bawah “Volume”, pilih path ke drive Anda, klik “Integrate” dan masukkan path ke file kunci Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar