Minggu, 15 Agustus 2010

USB Flash Drive sebagai Gembok PC (Bag. 2)

Agar USB Flash Drive Anti Pencurian Data

USB Flash Drive (UFD) merupakan media penyimpanan data yang praktis karena kecil, mudah di bawa ke masa saja, dan juga fleksibel. Namun, kelebihan tersebut juga bisa menjadi kekurangannya. Apabila Anda tidak berhati-hati, UFD mudah hilang. Oleh karena itu, enkripsi data-data penting, bila Anda ingin membawanya bepergian.

Dengan TrueCrypt, Anda tidak hanya membuat container yang aman pada harddisk, melainkan juga pada UFD. Untuk itu, copy program ke UFD dan buat sebuah container dengan proteksi password yang akan menampung data Anda. TrueCrypt tidak membutuhkan instalasi. UFD Anda siap bekerja pada setiap PC. Namun, perlu diingat, proses decryption pada PC orang lain memilki risiko tersendiri.

Mungkin saja ada malware pada PC tersebut dan akan menginfeksi file-file Anda atau merekam password Anda. Enkripsi juga bertujuan untuk mengantisipasi jika UFD hilang atau dicuri.

kunci2

Langkah selanjutnya, konfigurasikan mode Auto agar UFD otomatis terbuka saat dipasang (dicolok) pada port USB. Caranya, klik “Tools | Traveller Disk Installation” dan masukkan path ke UFD Anda di bawah “File Settings”. Aktifkan “Integrate TrueCrypt Volume automatically” dan pilih path ke file-container.

Pada UFD Anda kini ada sebuah file autostart (autorun.inf) yang dapat dibuka melalui klik ganda dalam sebuah editor teks. Pada akhir baris:
open=TrueCrypt\TrueCrypt.exe?·?/q?·?
backround?·?/e?·?/m?·?rm?·?/v?·?„C:\Users\
Username\TrueCryptContainer“
Tambahkan perintah
·/k?·?keyfile

Di sini “keyfile” adalah kunci TrueCrypt pada UFD, yang Anda masukkan ketika membuat container. Simpan “autorun.inf” tersebut dan cabut UFD. Setelah dipasang kembali, Windows mengaktikan “Auto Play­back”. Dengan mengklik “Integrate TrueCrypt Volume” sudah cukup mebuat Windows Explorer membuka drive.

Kunci USB untuk Browser

Sistem dan hard disk Anda kini telah terproteksi dengan nyaman. Firefox pun bisa diatur agar mengisi semua data login melalui kunci USB dengan mekanisme klik mouse. Untuk itu, install addon KeeFox (CHIP-CD/DVD) pada Firefox dan password manager KeePass. Selanjutnya, sebuah tab browser terbuka, di mana Anda membuat sebuah database baru, untuk data akses Anda dalam KeePass, de­ngan sebuah klik pada “Setup KeeFox”. Sim­pan file ini dalam container TrueCrypt. Berikutnya, KeePass akan meminta kunci master. Nonaktifkan opsi ini dan tandai opsi “Key File/Provider”.Klik “Create” dan simpan juga file tersebut dalam container TrueCrypt.

Selanjutnya, setiap kali Anda membuka sebuah website, addon KeeFox akan membuka website tersebut secara otomatis.

Jika diinginkan, ia bisa menyimpan data akses tersebut dalam KeePass dan melakukan login secara otomatis pada kun­jung­an berikutnya (selama UFD terpasang). Apabila Anda mencabut UFD, drive TrueCrypt dan data aksesnya kem­bali terblokir. Namun, perhatikan untuk menutup KeePass secara manual agar browser tidak lagi dapat mengakses database.

Setelah konfigurasi selesai, proteksi sistem, data rahasia, dan login file Anda dengan kunci UFD tersebut. Selanjutnya, cukup pasang UFD untuk mengaksesnya kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar