Senin, 23 Agustus 2010

Windows XP – Melacak File Berukuran Besar di Hard Disk

Tidak perlu waktu lama, hard disk yang terpasang di PC Anda telah penuh. Anda sendiri sulit mengetahui file atau aplikasi apa saja yang telah memakan alokasi hard disk sebegitu besar. Untuk itu, lacak keberadaan file-file berukuran besar tersebut.

tips4
Melacak Aplikasi SpaceSniffer dapat digunakan untuk melacak keberadaan file berukuran besar yang ada di hard disk.

Tips Jika alokasi hard disk yang terpasang di PC sudah hampir penuh, Anda akan kesulitan untuk melakukan beberapa hal, seperti melakukan proses backup atau mengoperasikan beberapa aplikasi tertentu. Untuk itu, Anda perlu mengetahui file atau aplikasi apa saja yang telah memakan porsi paling besar di hard disk.

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk melacak file atau aplikasi berukuran besar yang ada di hard disk, yaitu menggunakan tools Search yang telah terintegrasi dengan Windows atau meman faatkan aplikasi SpaceSniffer(www.uderzo.it/main_products/space_sniffer). Jika Anda menggunakan tools Search yang ada di Windows, Anda harus terlebih dahulu mengatur pilihan “What size is it?”. Selanjutnya, klik radio button “Specify size (in KB) | at least” dan ketikkan angka 100000. Terakhir, klik tombol “Search” dan Windows akan menampilkan file atau aplikasi yang ukurannya lebih dari 100 MB.

Untuk melacak file atau aplikasi berukuran besar yang ada di hard disk, Anda juga dapat menggunakan aplikasi gratis yang bernama SpaceSniffer. Aplikasi ini dapat Anda temukan dalam CHIP CD/DVD edisi 06/2010 dan yang tidak kalah menariknya, aplikasi ini tidak perlu di-ins tall. Anda cukup menjalankan file eksekusinya (SpaceSniffer.exe) lalu pilih partisi hard disk yang diinginkan dan aplikasi tersebut akan bekerja dengan sendirinya untuk melacak seluruh file yang ada di hard disk.

File atau aplikasi yang ditemukan akan ditampilkan dalam bentuk clus ter yang juga menyertakan ukurannya. Jika cluster yang ditampilkan masuk dalam kategori folder, Anda juga dapat meng-klik ganda cluster tersebut untuk melihat lebih rinci seluruh file yang ada di dalamnya.

Keunggulan lainnya, Anda juga dapat mencari ukuran file secara spesifik de ngan menggunakan fungsi Filter yang tersedia di dalam aplikasi SpaceSniffer. Misalnya, Anda ingin mencari file gambar dengan format JPG yang memiliki ukuran lebih besar dari 4 MB. Untuk itu, Anda dapat mengetikkan perintah ‘*.jpg;>4mb’.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar