Minggu, 15 Agustus 2010

Pertolongan Pertama Pada KeCELAKAAN Data (Bag.3)

Strategi Lain untuk Backup

Kumpulan data penting harus di-backup dengan penanganan khusus. Backup-lah di hard disk yang berbeda. Proteksi tambahan gratis bisa Anda dapatkan melalui metode berikut.

BACKUP LOKAL
Walaupun terdengar sepele, software backup gratis, seperti FBackup 4.4, wajib tersedia pada setiap PC. Meskipun memiliki limitasi 4 GB per backup, tetapi software ini dapat mengelola hingga 20 backup yang berbeda dan mengenkripsi file.

HARD DISK ONLINE
Data yang jarang Anda gunakan dapat disimpan di hard disk online. Layanan Smart Drive Humyo (www.humyo.com) menawarkan penyimpanan data gratis sebesar 10 GB (5 GB untuk data multi­media, 5 GB untuk dokumen lainnya). Namun, Anda perlu login minimal satu kali dalam 90 hari. Apabila tidak, account Anda akan dihapus.

KOREKSI KESALAHAN YANG LEBIH BAIK
CD, DVD, dan Bluray dapat Anda backup lebih baik dengan software Dvdisaster. Software ini membutuhkan tempat pada hard disk. Tempat ini untuk menyimpan file koreksi kesalahan untuk keping CD/DVD/Bluray Anda. Jadi, keping tetap berfungsi walaupun tergores parah atau memiliki kerusakan lain seperti karat.

Flash: Menyelamatkan flas hdisk dan smart card
Bagaimana menangani storage SSD, USB flash disk, atau smart card? Pada dasarnya, metode penyelamatan data yang akan dilakukan software recovery sama seperti menyelamatkan data di hard disk magnetik. Hanya biasanya yang digunakan sebagai sistem file adalah FAT (File Allocation Table). Oleh karena itu, software Smart FAT Recovery tepat untuk USB flash disk dan smart card. Untuk SSD yang di format NTFS, gunakan Smart NTFS Recovery.
Begitu software berjalan, pilih drive yang bersangkutan, klik “Scan” untuk memulai proses scanning. Setelah upaya pencarian selesai, jawablah pertanyaan “Scan drive as per free storage location” dengan “Yes”.

Apabila hardware-nya yang rusak, tidak ada yang dapat dilakukan kecuali mengirimnya ke spesialis recovery data.

CD/DVD/Bluray: menangani kesalahan burning
Apabila Anda mengakses sebuah keping CD, DVD, Bluray yang salah burning, Windows hanya menampilkan keping kosong yang tidak ada datanya sama sekali. Sebuah kesalahan burning yang umum pada keping multi session adalah session lama yang tidak di-impor. Datanya tidak ditampilkan, karena dengan setiap session baru dibuat sebuah TOC (daftar isi) baru.

Software IsoBuster mencari TOC lama dan menampilkan isinya. Untuk melakukannya, pada window kiri bukalah isi sis­tem file Joliet. Pada window kanan tampak file-file yang ditemukan. Tandai yang perlu diselamatkan. Melalui menu konteks, aktifkan option “Extracting”.

Pada DVD+RW yang terhapus, IsoBuster akan mengatakan, “neither file sys­tems nor folders have been found”. Ia menawarkan scan RAW dengan “Search for lost files and folders”. Klik “Agree”. Selanjutnya, di menu “Files are found due to the signature”, tampak file-file yang telah ter­hapus dan dapat di-restore.

CD/DVD/Bluray: menangani cacat dan goresan
Apabila keping CD/DVD tergores, software IsoBuster akan menyerah. Di sini kemampuan baca drive yang akan menentukan. CHIP menyarankan untuk menggunakan drive Plextor PX-740 atau LG GH22LP20.

Agar penyelamatan data berlangsung lebih cepat, copy-lah isi keping sebagai file image ke hard disk. Untuk membuat file image, gunakan IsoBuster dengan meng-klik kanan icon keping dalam window kiri dan backup isinya sebagai file ISO melalui “Extract CD Image | RAW”. Setelah itu, load ISO dengan “Open Image Files”. Kemudian, restore-lah datanya.
Apabila keping CD/DVD rusak parah, gunakan IsoPuzzle. Namun, software ini membutuhkan driver Nero (wnaspi32.dll) dalam folder programnya. Anda dapat mendapatkan file DLL tersebut melalui FTP Nero.

Untuk goresan yang parah, drive terbaik pun tidak berdaya. Solusinya, poles keping dengan cairan pembersih atau dengan perangkat SkipDr Premier Disc Cleaner (www.digitalinnovations.com, sekitar US$ 15).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar