Minggu, 15 Agustus 2010

Menjadikan PC Kembali Bugar (Bag. 3)

Duplikasi file Anti-Twin dapat menemukan file ganda dan isi file  yang serupa.

Duplikasi file Anti-Twin dapat menemukan file ganda dan isi file yang serupa.


Membersihkan sistem CCleaner dapat dipakai untuk membersihkan hard  disk dan registry.

Membersihkan sistem CCleaner dapat dipakai untuk membersihkan hard disk dan registry.


Menyingkirkan program Dalam Control Panel, Anda dapat menemukan  program gemuk dan menggantinya dengan yang lebih ramping.

Menyingkirkan program Dalam Control Panel, Anda dapat menemukan program gemuk dan menggantinya dengan yang lebih ramping.


Fungsi Tersembunyi untuk Mengatur Windows


Microsoft telah mengintegrasikan banyak tools sistem ke dalam Windows, tetapi semua itu tersembunyi dengan baik. Dengan sebuah trik Anda dapat menampilkan semua sarana onboard yang ada di Vista dan Windows 7. Caranya, buatlah sebuah folder dan beri nama “Tools. {ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}”. Nama di depan titik dapat Anda ganti, yang penting adalah angka-angka di dalam kurung. Bila Anda buka folder tersebut, akan ditampilkan beberapa fungsi di Windows, seperti “Synchronization Center” dan “System”.
Awas: Jarang terjadi setelah itu Windows tidak berfungsi dengan baik. Untuk menghapus folder itu, klik “Start” dan ketikkan ‘cmd’. Selanjutnya, masuk ke folder tersebut lalu hapus dengan perintah “rmdir”.


Mempercepat PC saat booting


Setelah Windows dibersihkan, kini optimalkan proses booting. Yang perlu dilakukan adalah merampingkan folder Autoruns. Di folder itulah tersimpan semua program dan layanan yang bisa menghambat proses booting.


Solusinya, kembali gunakan aplikasi CCleaner. Untuk memblokir program ketika sistem dijalankan, klik “Tools Startup” dan hapuslah semua aplikasi yang membebani Windows saat booting, seperti messenger, office, dan multimedia player. Jika tidak ingin dihapus, Anda dapat sekadar menonaktifkannya saja.


Agar Windows tetap ramping saat dioperasikan, Anda juga dapat nonaktifkan file layanan yang tidak digunakan. Klik tombol “Start” di Windows dan akses “Control Panel Administrative Tools Services”. Untuk mendapatkan informasi singkat mengenai layanan yang ada, klik ganda entri yang bersangkutan. Bila menemukan layanan yang boros dan tidak dibutuhkan oleh sistem, nonaktifkan dengan meng-klik kanan file layanan lalu pilih “Properties”. Layanan apa saja yang boleh dinonaktifkan, bergantung pada konfigurasi sistem. Sebagai contoh, jika tidak menggunakan aplikasi LightScribe untuk membakar CD/DVD, nonaktifkan saja file layanan LightScribeService. Laporan kesalahan yang ditampilkan Windows dapat pula dihentikan dengan menonaktifkan layanan Error Reporting Services.


Awas: Sebelum menonaktifkan layanan, sebaiknya Anda membuat sebuah system recovery.
Menata ulang hard disk


Proses pengoptimalan selanjutnya adalah menyortir seluruh data yang tersimpan di hard disk. Jika Anda sering melakukan proses copy dan sinkronisasi file atau meng-install dan uninstall sejumlah program, hard disk akan mudah terfragmentasi. Akibatnya, head baca harus melompat-lompat saat membaca sebuah file dan ini dapat menghabiskan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar