Minggu, 15 Agustus 2010

Sembunyikan Folder – dengan CLSID Network (Bag. 1)

hide1

Setelah sukses menyembunyikan dokumen penting di balik file gambar (CHIP 05/2010), kini CHIP akan mengajak Anda menyembunyikan folder dengan CLSID Network yang ada di Windows 7. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini.

Ada bnyak cara yang dilakukan oleh hacker untuk mencuri data yang ada di hard disk. Salah satu caranya dengan mengirim e-mail yang menyertakan website phising. Jika Anda terpancing untuk masuk ke website tersebut, dengan mudah hac­ker akan menyusup ke PC Anda dan me­ngam­bil semua data yang tersimpan di hard disk. Untuk mengantisipasi ancaman tersebut, pengguna PC akan memproteksi perangkatnya dengan menggunakan password atau aplikasi antivirus. Jika proteksi keamanan data itu kurang memadai, Anda dapat menambahkan proteksi lainnya, yaitu dengan cara menyembunyikan seluruh data yang ada di hard disk. Dengan begitu, hacker akan kesulitan untuk mencuri data milik Anda karena proteksinya berlapis.

Di edisi 05/2010, CHIP telah mengulas cara menyembunyikan file teks ke dalam file gambar. Di edisi kali ini, CHIP akan mengajak Anda untuk memanipulasi salah satu daftar CLSID yang ada di Windows 7 agar dapat digunakan untuk menyembunyikan folder-folder penting yang tersimpan di PC.

Proses kerja

Memanipulasi list CLSID yang ada di Windows 7 agar dapat digunakan untuk menyembunyikan folder di PC merupakan trik sederhana untuk mengantisipasi hac­ker mematai-matai data pribadi milik Anda. Dalam artikel ini, Anda akan menggunakan CLSID Network Windows 7. Sebagai ilustrasi, Anda memiliki folder di bawah direktori C:\Test yang bernama CS. Di dalam folder CS tersimpan tiga buah file, yaitu 8.DOC, 9.DOC., dan 777.TXT.

Folder CS nantinya akan dikunci de­ngan­ memanipulasi CLSID Network yang ada di Windows 7. Prinsipnya sangat sederhana, Anda diminta untuk me-rename folder CS. Nama folder CS akan diganti dengan CS.{208D2C60-3AEA-1069-A2D7-08002B30309D}. {208D2C60-3AEA-1069-A2D7-08002B30309D} inilah CLSID Network yang ada di dalam Windows 7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar