Senin, 23 Agustus 2010

Windows 7 – Mengatur Delay Waktu Live Preview di Taskbar

Live preview yang terletak di taskbar Windows 7 merupakan sebuah feature yang menarik. Dengan feature ini, Anda dapat secara langsung melihat dan memanggil aplikasi yang sedang dijalankankan. Namun, feature ini memiliki delay waktu saat akan menampilkan sebuah aplikasi. Apakah Anda dapat me nga tur delay waktu dari feature Live Preview tersebut?

tips7
Delay time Atur waktu muncul Live Preview pada thumbail taskbar sesuka yang Anda inginkan.

TipS Ketika Anda menempatkan sebuah kursor pada tombol atau icon aplikasi yang ada di Taskbar, Windows 7 akan menampilkan sebuah thumbnail dari aplikasi tersebut. Ketika Anda menggerak kan kursor tersebut ke arah thumbnail yang muncul, Windows 7 akan menampilkan cuplikan atau preview layar aktif dari aplikasi tersebut. Secara otomatis, aplikasi-aplikasi lainnya akan terlihat transparan. Waktu yang dibutuhkan dari setiap aplikasi untuk muncul sebagai thumbail sebenarnya dapat diatur sesuai keinginan Anda.
Untuk mengatur hal itu, caranya cukup mudah, yaitu sedikit memanipulasi system registry. Untuk itu, klik “Start” dan buka menu “Search programs and files” lalu ketik ‘regedit’. Melalui window Registry Editor, masuk ke “HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced”.

Selanjutnya, buat entri baru dengan mengarahkan mouse ke panel sebelah kanan Registry Editor lalu klik kanan mouse dan pilih “New” | DWORD”. Beri nama entri baru tesebut dengan nama “ThumbnailLivePreviewHoverTime”. Selanjutnya, klik ganda entri tersebut. Pada kolom “Value data”, masukkan waktu delay untuk preview dalam satuan milidetik. Misalnya, nilai 10 sama dengan 1 detik. Pilih pula tombol “Decimal”. Setelah selesai, klik “OK” dan restart PC agar perubahannya dapat dilihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar