Minggu, 15 Agustus 2010

Menjadikan PC Kembali Bugar (Bag. 5)

tuning8
Menggunakan cadangan power Bila Anda meningkatkan RAM Virtual, Windows akan menyimpan data pada hard disk ketika RAM sudah penuh.


tuning9
Mengendalikan proses Aplikasi komersil Process Lasso dapat memberikan berbagai prioritas kepada program yang aktif.


Di Vista, Anda dapat men-defrag hard disk secara otomatis dengan aplikasi yang telah terintegrasi. Jika kurang memadai, gunakan aplikasi JkDefrag atau JkDefrag GUI. Melalui JkDefragGUI, klik tab “General” dan di bawah kolom “Action”, pilih “Analyze and defragment”. Kemudian, tandai huruf drive yang ingin Anda defrag.


Anda dapat mengatur agar aplikasi JkDefragGUI ini tidak lagi bekerja secara manual. Caranya, atur penjadwalannya dengan meng-klik tab “Scheduler”. Jika Anda menugaskan aplikasi ini untuk bekerja dalam satu bulan sekali, pilih “Monthly” pada kolom “Interval” dan klik tombol “Submit task”. Bila Anda kepincut dengan aplikasi defragmentasi hard disk komersial, Anda dapat menggunakan aplikasi Diskeeper 2010 Professional (www.diskeeper.com).


Awas: Bila menggunakan SSD, Anda tidak perlu melakukan defragmentasi. Hal ini tidak akan meningkatkan kecepatannya, justru akan merusak hard disk. Windows 7 otomatis mengenali SSD dan menonaktif­kan aplikasi defrag. Di Vista, Anda perlu menonaktifkannya secara manual. Klik “Start” dan ketikkan ‘dfrgui’. Selanjutnya, nonaktifkan “Schedule”.


Mengoptimalkan setting sistem


Windows 32 bit hanya mampu mengguna­kan RAM sebesar 3,2 hingga 3,5 GB. Begitu Anda menjalankan aplikasi secara pararel, RAM akan cepat penuh dan sis­tem harus beralih ke file swap (RAM Virtual). Jika ukuran RAM Virtual terlalu kecil, PC akan mengalami penurunan kecepatan. Karena itu, periksalah apakah RAM Virtual di PC Anda sudah memadai?


Cara memeriksanya, klik kanan “My Computer” (XP) atau “Computer” (Vista dan Windows 7) dan pilih “Properties”. Kemudian, klik tab “Advanced” lalu ubah ukuran file swap yang ada di “Performance Settings Advanced”.


Pada bagian Virtual memory, klik tombol “Change” dan masukkan nilai yang sama untuk ukuran awal dan maksimal. Nilai yang dimasukkan bergantung pada seberapa besar kapasitas hard disk yang tersedia. Anda dapat mencantumkan nilai antara 2.000 hingga 6.000 MB lalu restart PC Anda.


Memblokir proses sistem


Agar prosesor tidak mengalami bottleneck, awasi aplikasi yang menghabiskan performa di latar belakang dengan bantuan aplikasi komersial Process Lasso. Melalui aplikasi tersebut, atur program apa saja yang tidak boleh membebani CPU.


Jika tidak ingin mengonfigurasi secara manual, klik “Options” dan pilih salah satu daftar konfigurasi yang tersedia. Dengan demikian, aplikasi Process Lasso akan memutuskan sendiri pembagian yang optimal.


Setelah Windows menjalani terapi seperti ini, sistem operasi besutan Microsoft ini akan kembali seperti baru. Proses training secara teratur wajib bagi sistem operasi ini untuk menjaga kebugarannya.

1 komentar: