Minggu, 15 Agustus 2010

Windows XP – Menyatukan Sejumlah Folder ke dalam Quick Launch

Quick Launch yang ada di Taskbar menjadi jalan singkat untuk mengoperasikan sejumlah aplikasi yang terpasang di PC. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan aplikasi yang diinginkan ke dalam menu Quick Launch. Kendalanya, jika Anda terus-menerus menambahkan aplikasi ke dalam Quick Launch, Anda akan kerepotan. Banyak waktu terbuang hanya untuk mencari sebuah aplikasi yang ingin dijalankan.

Tips1Menyatukan Anda dapat mengelompokkan semua aplikasi sejenis ke dalam satu folder dan diletakkan pada Quick Launch.

Tips Tidak hanya sebuah aplikasi, Anda juga dapat menambahkan sebuah folder ke dalam Quick Launch untuk dijadikan sebuah menu. Dengan begitu, Anda dapat mengelompokkan seluruh aplikasi yang ada ke dalam sebuah folder. Contohnya, Anda dapat mengelompokkan aplikasi Internet Explorer, Opera, dan Firefox ke dalam satu folder Aplikasi Internet. Kekurangannya, Windows akan menjalankan Windows Explorer dan menampilkan semua aplikasi yang ada di dalam folder jika Anda mengklik entri tersebut. Akan lebih baik jika Anda dapat mengklik folder dalam bentuk menu.

Langkah pertama adalah mengaktifkan sebuah fungsi yang ada di dalam sys­tem registry. Untuk itu, klik tombol “Start | Run” dan ketikkan ‘regedit’ lalu tekan tombol “OK”. Selanjutnya, akses folder HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced”. Di sana, Anda dapat mem­bangun­ sebuah DWORD Value baru yang bernama CascadeFolderBands. Caranya, pilih menu “Edit | New | DWORD Value”. Langkah berikutnya, klik ganda DWORD Value yang baru Anda buat lalu ubah value datanya menjadi angka 1. Lakukan konfirmasi dengan menekan tombol “OK” dan restart PC yang Anda gunakan.
Langkah selanjutnya adalah menambahkan folder ke dalam Quick Launch. Untuk itu, klik kanan area bebas yang ada di Taskbar dan nonaktifkan pilihan “Lock the Taskbar”.

Berikutnya, klik kanan tepat di dua tanda panah Quick Launch dan pilih menu “Open Folder”. Di sana, Anda dapat membuat sebuah folder baru dan memasukkan sejumlah aplikasi yang sesuai ke dalam folder tersebut. Sebagai contoh, CHIP membuat folder baru yang diberi nama Aplikasi Internet dan memasukkan aplikasi sejenis (IE, Opera, dan Firefox) ke dalam folder tersebut.

Kini, ketika Anda mengakses Quick Launch, Anda dapat menemukan sebuah folder yang di dalamnya terhimpun beberapa aplikasi sejenis. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot untuk mencari aplikasi yang ingin dijalankan. Jika Windows menampilkannya dalam Windows Explorer, klik kanan aplikasi yang ingin dijalankan lalu tekan menu “Open”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar