Kamis, 25 Februari 2010

Excel 2007 – Menghitung Data Tertentu dalam Tabel


tips13
Hitung yang sama Untuk mendata beberapa sel dengan value yang sama, Anda tidak perlu melakukannya secara manual.

Anda diharuskan menghitung beberapa entri yang sama dalam sebuah tabel. Daripada menghitung satu-persatu, guna­kan formula yang tepat.

TipS: Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, Anda bisa menggunakan fungsi COUNTIF. Dengan penggunaan yang tepat, fungsi ini dapat menghitung jumlah sel yang berisi data yang sesuai dengan kriteria pencarian. Format penulis­an fungsi COUNTIF adalah “=COUNTIF( Range, Criteria)”. Parameter “Range” menentukan kelompok sel yang akan diikutsertakan dalam pencarian, sedangkan parameter “Criteria” menentukan data yang digunakan sebagai kriteria pencarian.

Sekarang, kita coba menggunakannya dalam contoh berikut. Misalnya, kita isi barisan sel A1 hingga A6 dengan nilai 24, 55, 76, 55, 34, dan 57. Pada sel A7, kita akan gunakan sebagai tempat memunculkan hasil perhitungan. Setelah memilih sel ini, klik tab “Formulas”. Pilih menu “More Functions” lalu “Statistical” pada menu pita untuk memunculkan menu drop down. Di sini, klik COUNTIF untuk memunculkan kotak dialognya. Klik kolom “Range line” kemudian sorot sel A1 hingga A6. Klik tombol di ujung kolom tersebut untuk kembali ke kotak dialog. Selanjutnya, klik kolom “Critera line” kemudian ketik nilai “55”, lalu klik tombol “OK”. Hasilnya, pada sel A7 akan menampilkan nilai “2”. Hasil ini didapat setelah menghitung berapa banyak sel dalam tabel pilihan yang berisi nilai “55”.

1 komentar: