Rabu, 24 Februari 2010

Windows Vista – Batasi Akses Aplikasi Melalui Parental Control

Anak Anda juga turut menggunakan PC atau notebook yang ada di rumah de­ngan­ user account miliknya. Untuk itu, Anda perlu membatasi peng­gunaan­ aplikasi yang terpasang didalam­nya. Solusi termudah adalah memanfaatkan fasilitas Parental Control yang sudah terintegrasi dengan Vista.

Tips Terlebih dahulu Anda perlu menga­tur­ fungsi Parental Control untuk di-setup ke dalam user account anak Anda. Pengaturannya cukup mudah, klik tombol “Start | Control Panel | Set up parental control for any user”. Selanjutnya, klik ganda user account anak Anda lalu aktifkan pilihan radio button “On, enforce current setting”.

Setelah itu, arahkan mouse ke bagian Windows Setting dan klik “Allow and block specific program”. Vista akan mengajak Anda masuk ke window berikutnya. Di window tersebut Anda dapat mengaktifkan pilihan radio button yang menyatakan user account anak Anda hanya boleh mengakses atau menjalankan sejumlah program yang diizinkan. Dengan mengaktifkan pilihan tersebut, Vista akan menam­pilkan sejumlah program yang terpasang di PC atau notebook Anda.

Di sinilah, Anda dapat mengatur dan memberikan tanda centang di sejumlah aplikasi yang diizinkan untuk di jalankan oleh anak Anda. Jika Anda telah selesai memberikan tanda centang ke sejumlah aplikasi yang diizinkan, akhiri semua proses tersebut dengan menekan tombol “OK”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar